Asmaul husna, yuk ngenal nama-nama nya

Asmaul huna adalah nama nama Allah swt.  Yang indah dan baik.  Kata asmaul husna berasa dari ismun yang berarti nama,  sedangkan husna berasal dari hasanun yang berarti baik atau indah. Secara harfiah, asmaul husna berarti nama-nama, sebutan atau gelar Allah swt, yang baik dan agung sesuai dengan sifat sifatnya.
Berapapun banyaknya nama-nama tersebut, yang perlu kita pegang teguh adalah bahwa semua itu merupakan suatu kesatuan yang menyatu dari kebesaran dan keagungan serta kemuliaan Allah itu sendiri.  Seperti firman Allah dalam surat Al-hasr ayat 24 berikut:
“dialah Allah yang menciptakan, yang mengadakan,  yang membentuk Rupa dan memiliki nama-nama indah. Apa yang dilangit dan dibumi bertasbih kepadanya. Dan dialah yang Mahaperkasa, Maha bijaksana.  (Q.s. Al-Hasr:24)
Dan dalam surah Al-A’raf :
“dan Allah memiliki asmaul husna (nama-nama yang terbaik), maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebutnya asmaul husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyalahartikan nama-nama nya. Mereka kelak akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan” Q. S.  Al-A’raf:180)
Alhadist : sesungguhnya, Allah mempunyai 99 nama, yaitu seratus kurang satu, barang siapa yang menghitungnya(mengahafalnya) ia masuk surga. (h.r. bukhari)
Asmaul husna berjumlah sembilan sembilan 99. Dalam kehidupan sehari-hari, kita di anjurkan menyebut asmaul husna dalam setiap berdzikir dan berdoa.
Nantikan nama-nama asmaul husna dalam artikel berikutnya.
Wassalam. . .

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RPP PROLIN

Karang Taruna Pulo Lancing

waktu